Sharing Sumber daya dan data


Dalam ilmu komputer dan teknologi informasi, dikenal istilah jaringan komputer. Secara sederhana definisi jaringan komputer adalah hubungan dua atau lebih sistem komputer yang terpisah, melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lain agar dapat saling berbagi data, informasi, program, dan berbagi sumber daya (resource). Sebuah jaringan dapat dihubungkan dengan berbagai media komunikasi antara lain : kabel, radio, satelit.




      Tujuan Jaringan Komputer, antara lain:
  • Membagi sumber daya dan data, contohnya: berbagi data (dokumen, spreadsheet, film, dan lainnya), berbagi hardware (pemakaian printer, CPU, memori, harddisk)
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing
Pada model komputer stand alone setiap proses bertukar data harus melalui mekanisme pemindahan data melalui media penyimpan eksternal misal CD, Flash Disk, Eksternal Hardisk dan lain-lain. Apabila jarak antara dua PC stand alone cukup dekat, katakanlah dalam satu ruangan, mungkin waktu yang diperlukan untuk memindahkan data cukup singkat, tetapi bila jarak antara dua PC tersebut cukup jauh bahkan berbeda kota atau pulau dapat dipastikan waktu yang diperlukan jauh lebih lama. Akan tetapi dengan komputer yang terhubung melalui jaringan pemindahan data antar komputer dapat dilakukan dengan lebih cepat. Dari hal tersebut jaringan komputer dapat meningkatkan efisiensi transfer data cukup signifikan.

    Keuntungan menggunakan jaringan komputer, antara lain:
  • Speed
    Dengan jaringan komputer pekerjaan akan lebih cepat, fasilitas sharing akan memudahkan transfer data antar komputer.
  • Cost
    Sumber daya hardware dapat diminimalisir karena dapat berbagi hardware antar komputer.
  • Security
    Jaringan komputer memberikan layanan hak akses terhadap file atau sumber daya yang lain.
  • Centralized Software Management
    Salah satu keuntungan jaringan komputer adalah pemusatan program aplikasi. Ini akan mengurangi waktu dan tenaga untuk instalasi program dimasing-masing komputer.
  • Resource Sharing
    Jaringan komputer dapat mengatasi terbatasnya hardware (printer, CDROM, dll) maupun data.
  • Flexible Access
    User dapat mengakses data yang terpusat dari komputer manapun. 
Sumber : http://nurbudy.staff.ugm.ac.id

Tidak ada komentar: